Selasa, 27 Juni 2017

Resep bikin donat

Resep bikin donat - Untuk mendapatkan resep bikin donat yang lembut, enak serta empuk memanglah termasuk hal yang sulit. Hal tersebut dikarenakan resep tersebut dirahasiakan oleh pemilik toko donat yang sudah ternama dan terkenal itu. Namun demikian, membuat donat sendiri pasti rasanya lebih enak dari pada Bunda mesti membeli donat dipasar seperti yang banyak dijual pada Mall, atau yang dijual pada tempat – tempat lain (menghargai hasil karya sendiri).

Kita ketahui donat adalah makanan yang banyak disukai orang di indonesia, apalagi donat tersebut adalah permintaan sikecil bunda, maka dengan cepat bunda bisa membuatnya sendiri. Ada dua jenis donat yang seringkali kita jumpai dipasaran. Satu diantaranya donat yang bulat dengan lubang ditengahnya kemudian ditaburi berbagai bahan seperti mesis ceres, keju, serta bahan – bahan manis lainnya. Dan donat yang satunya lagi yaitu donat yang bentuknya bulat dengan isi didalamnya, biasanya yang dijual – jual itu berisikan coklat, strawberry, rasa kelapa, dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

Gambar Donat dengan Mesis

Nah, untuk Bunda yang menginginkan belajar membuat donat sendiri, sebaiknya memperhatikan dengan baik apa saja bahan-bahannya. Apalagi saat bunda mau mengkombinasikannya. Karena bila bunda salah dalam meracik resep bikin donat tersebut, maka bahan – bahan yang sudah dicampur tersebut akan menjadi bantat. oleh karena itu waktu bunda membuat adonan mesti dengan cermat memerhatikannya. Oke segera saja bunda kita buat donatnya, dan dalam blog ini saya juga akan menghidangkan artikel mengenai resep bikin donat secara komplit.

Berikut resep bikin donat dengan cara Simpel Serta Praktis 

Bahan yang diperlukan :

- Tepung terigu yang dipergunakan 1/2 kg saja.
- Gula dalam takaran sendok, bisa bunda takar sejumlah 4 Sdm.
- Pakai Mentega sejumlah 3 Sdm.
- Ragi instan sejumlah 11 gr atau 1/2 bungkus
- Air sejumlah 200 cc .
- Susu bubuk serta kental sejumlah 3 Sdm
- Garam sejumlah 2 sendok teh.
- Telur sejumlah 2 butir.

Langkahnya membuat donat tersebut gampang bunda :

  1. Terlebih dulu 2 butir telur dikocok sampai berbusa, lalu campurkan dengan garam, gula pasir, susu, tepung terigu serta mentega, kemudian aduk sampai rata.
  2. Kemudian masukan ragi ke air tunggu sampai rata, lalu masukan ragi kedalam adonan yang telah di buat pada point nomor 1, kemudian uleni adonan itu hingga kalis, masukan dalam wadah tertutup serta diamkan sepanjang 21 menit hingga adonan mengembang.
  3. Bila adonan telah didiamkan selam 21 menit, dan juga adonan telah mengembang. kemudian waktunya bunda mengambil adonan tersebut sejumlah kurang lebih 1 sendok makan serta dibulatkan. Kemudian campur adonan yang telah dibulatkan itu kedalam tepung terigu agar adonan itu tidak lengket bun. Kerjakan cara itu berkali-kali hingga adonan habis, lalu supaya adonan tampak mengembang, biarlah sepanjang 21 menit.
  4. Sesudah didiamkan sepanjang 21 menit serta adonan yang telah digabung tepung terigu mengembang, saat ini waktunya Bunda memanaskan minyak goreng. Adonan yang telah di beri tepung janganlah lupa diberi lubang. sesudah minyak goreng memanas, masukan adonan donat itu dalam minyak goreng. Pada saat mememasak pakai api kecil saja, tunggulah hingga donat beralih warna jadi kecoklatan, kemudian angkat donat serta biarlah sampai donat dingin.
  5. Sesudah donat dingin, lalu oleskan donat itu dengan mentega, kerjakan cara seperti itu pada semua donat yang sudah digoreng. kemudian taburi dengan ceres, keju, strawberry atau beberapa bahan sesuai sama selera yang Bunda kehendaki.

Bagaimana Agar Adonan Bisa Mengembang?

Untuk membuat adonan donat yang bisa mengembang  maka sebaiknya bunda mencampurkan Fermipan dengan gula pasir, kemudian di larutkan dengan air hangat diamkan 10-15 menit hingga berbuih, hal tersebut dilakukan agar bunda bisa mengetahui apakah fermipan yang sudah lama bunda simpan itu masih aktif.

Kemudian bunda bisa mencumpur Terigu, susu bubuk, kuning telur serta margarin campur jadi 1 dalam wadah dan  berikan larutan fermipan+gula pasir barusan dengan perlahan sembari di uleni hingga kalis serta tidak lengket di tangan kemudian bunda bisa diamkan ±60 menit dan bunda bisa perhatikan adonan tersebut bisa mengembang.

Kemudian kempiskan adonan dan bentuk bulat - bulat serta diamkan sekali lagi selama 15 menit, stelah itu donat siap di goreng.  Saya biasanya menggunakan api kecil, agar pada saat digoreng tidak cepat gosong.

Yang perlu dingat lagi bun yaitu raginya atau fermipan, pernah saya mencoba mencampurkan bahan – bahan tersebut secara bersamaan sekalian. Alhasil adonan menjadi bantet karena saya tidak tau bila raginya telah tidak aktif . Mungkin karena sudah lama saya simpan. Nah, saat ini saya telah tau bagaimana langkah untuk mengetahui raginya masih tetap aktif atau tidak,  bila tidak berbuih lagi pertanda ragi telah mati yang berakibat adonan menjadi bantet.

coba perhatikan video berikut sebagai bahan tambahan  :


Resep Bikin Donat empuk 350 gr

Untuk membuat donat dengan takaran lebih sedikit, maka bunda tinggal menggurangi saja bahan – bahannya. Namun jika bunda bingung dengan takarannya, maka bisa bunda simak resep berikut ini.
Bahan – bahannya :

350 gr Terigu cakra
60 gr Gula pasir
1 telur ukuran tidak terlalu besar dengan suhu pada ruangan
2 sdm susu bubuk
175 ml air hangat2 kuku
7 gr ragi
45 gr margarin

Kemudian Masukan ragi serta 1 sdm gula (ambillah gula dari 60 gr tersebut) dalam gelas yang agak besar yang telah diisikan dengan air hangat. Tutup gelas tersebut serta diamkan sepanjang 6-7 menit.
Sesudah didiamkan maka ragi yang masih aktif juga akan berbuih. bila tidak berbuih bermakna ragi tersebut tidak aktif lagi serta janganlah dipakai lagi (beli ragi lain).

Lalu Campur susu serta sisa gula,  Tuangkan laruran ragi kedalam kombinasi tepung dengan bahan lain yang sudah didalam wadah, Berikan telur lalu aduk dengan sendok hingga tercampur rata, Masukan margarin, Campur memakai tangan juga bisa, remas - remas hingga tercampur rata.

Kemudian kumpulkan menjadi satu, Tutup dengan serbet basah atau dg plastik wrap. diamkan sepanjang 15 menit.

Sesudah 15 menit, adonan  akan mengembang paling tidak 2x lipat dari ukuran semula. bila belum juga mengembang bisa ditunggu beberapa waktu lagi, karna pengembangan tersebut tergantung cuaca juga.

Kempeskan serta letakkan di atas meja kerja yang sudah bunda taburi terigu, kemudian potong - potong dan timbang sesuai sama selera bunda. Sebagai contoh timbang @25 gr dan bulat – bulatkan.

Bulat2kan.  Lubangi dengan jari, taburi atasnya dengan terigu sedikit, Diamkan sepanjang 15 menit. Goreng dengan memakai minyak panas serta api tengah pada kompor. putar dg sumpit agar lubangnya tidak tertutup.

Balik donat saat sisinya telah coklat. cukup sekali balik ya bunda, agar tidak menyerap minyak terlalu banyak. kemudian angkat serta tiriskan.